Jumat, 27 April 2012

Hari Kartini


Hari Kartini
Hari ini 21 April 2012 cukuplah 133 Tahun, terhitung sejak lahirnya dan 108 Tahun terhitung dari meninggalnya beliau sampai sekarang. Maka dari itu, kita sebagai bangsa Indonesia selalu di adakan peringatan, terutama oleh kaum istri untuk merayakan hari yang sangat penting. Agar kita semua selalu ingat, bahwa yang pertama kali membangkitkan semangat untuk kepentingan kaum istri di tanah ini adalah Almarhum R.A. Kartini, suatu nama yang telah sangat terkenal di seluruh dunia.
Ada baiknya kita harus mengetahui sosok R.A. Kartini, bisa juga jadi berguna walaupun hanya diuraikan sedikit saja riwayat beliau. Raden Adjeng Kartini adalah anak seorang Bangsawan Jawa, putri dari pasangan  Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat, Bupati Jepara dan M.A. Ngasirah. Kartini merupakan anak ke-5 dari 11 bersaudara kandung dan tiri.
Cita-cita yang di usung oleh R.A. Kartini yaitu perihal keterkaitannya kaum laki-laki dan perempuan. Memerangi  “Adat Isteri”, adat yang hendaknya akan menghalang-halangi kemajuan tanah air, bangsa dan rakyat Indonesia, terutama bagi kaum istri, yang harus dimusnahkan dari dunia ini.
Selama hidup dan berjangkitnya kedhaliman kaum penjajah, selama di dunia ini belum ada keadilan, maka selama itu pula kaum lemah yang diperjuangkan R.A. Kartini harus melawan pihak yang merasa kuat dan kuasa, yang diperbuat sewenang-wenang dan sekehendak hati kaum penjajah itu. Inilah yang menyebabkan perlawanan dan permusuhan yang tidak akan dapat diberhentikan dengan hantaman bom dan senjata api.
Maka dari itu, Kartini-kartini masa kini haruslah berani melawan budaya atau perang pemikiran melawan musuh-musuh Islam. Karena musuh Islam menyadari bahwa umat Islam memiliki semangat yang kuat, karena umat Islam tidak mudah dilumpuhkan dengan Militer. Mereka hendak menjatuhkan umat Islam dari ajarannya. Apalagi generasi mudanya sengaja dibuat jauh dari nilai-nilai dan pengamalan ajaran Islam. Buktinya, dalam KTP terpampang Agama Islam, tapi tingkah lakunya sangat tidak islami.
Oleh : Arief
Sumber Gambar : id.wikipedia.org

Bookmark and Share
Artikel yang berhubungan :

0 komentar:

Posting Komentar