Berita

Info Kobar

Bidang Kaderisasi

bidpuan

segmen muda

Photo




JAKARTA (20/4), Hidayat Nur Wahid berharap seni-budaya yang tumbuh di Jakarta selama ini terus dikembangkan untuk membangun Jakarta yang humanis dan jauh dari budaya kekerasaan.

"Wayang dan bentuk seni-budaya lainnya telah menjadi alat oleh Walisongo dan para pejuang kemerdekaan untuk menyampaikan pesan-pesan moral dan pesan-pesan perjuangan yang efektif kepada masyarakat, yang karenanya harus dilestarikan. Seni-budaya diharapkan terus memainkan perannya dalam membentuk warga Jakarta yang humanis", ujar Hidayat.

Menurut Hidayat, berdasarkan data BPS yang ia ketahui bahwa peminat wayang telah terjadi peningkatan selama tahun 2010 yaitu sebesar 164.696 pengunjung dengan jumlah tiket pertunjukan wayang sebesar 288.582.750.

Pada tahun sebelumnya, 2009, jumlah pengunjung hanya 77.333 dengan tiket yang terjual 93.879.750.

Berdasarkan data tersebut, wayang dan bentuk seni dan budaya lainnya dapat menjadi ciri khas Jakarta sebagai kota internasional. Karena itu, Hidayat akan memperjuangkannya agar terus diberi tempat untuk berkembang menjadi instrumen sosial dalam menumbuhkan masyarakat yang berbudaya.

Dalang kondang Ki Mantep Sudarsono akan menggelar pertujukan wayang kulit semalam suntuk di Lapangan Blok S, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, malam ini pukul 22.00 WIB.

Pagelaran kesenian ini digelar sebagai wujud dukungan Ki Mantep kepada pasangan yang diusung PKS, Hidayat Nurwahid-Didik J Rachbini.Acara tersebut terbuka untuk umum.

"Dengan adanya dukungan dari Ki Mantep, kita ingin menunjukkan wajah pluralitas yang menyokong langkah kami," kata Hidayat ketika meresmikan Media Center Hidayat+Didik, atau dikenal sebagai 'Rumah Oranye' tadi malam.

Mantan Ketua MPR ini menjelaskan, pagelaran Wayang digelar timnya atas filosofi bersatunya kalangan Santri dan abangan. Dalam masyarakat Jawa dikenal adanya pembagian kalangan santri dan kalangan abangan. Hidayat dan kelompoknya sendiri sering dikategorikan ke dalam kelompok santri.

Ki Manteb, menurut Hidayat, mempunyai pengikut dari kalangan pecinta wayang hingga 600 ribu orang.

"Para pecinta wayang ini mungkin yang sering disebut termasuk dalam kalangan abangan. Jadi dukungan bagi kami tidak hanya datang dari kelompok santri,"pungkas Hidayat.

Sumber : www.pks.or.id

About PKS KOBAR

Website Resmi ini dikelola oleh Bidang Humas DPD Kobar.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

1 komentar:


Top